Kepala BKKBN: Semakin Bnyak Penduduk Ya Banjir Semakin Besar

​Jakarta, Musibah banjir yang melanda Indonesia beberapa hari terakhir memang disebabkan oleh banyak faktor. Cuaca ekstrim dan kondisi daerah resapan air yang jelek hanyalah dua dari sekian banyak faktor penyebabnya.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Prof. Dr. Fasli Jalal menuding peningkatan jumlah penduduk yang menikah muda di daerah perkotaan sebagai salah satu penyebab. Dampak langsungnya, jumlah penduduk pun semakin banyak.

"Makin banyak penduduk ya banjir makin besar," ujarnya pada acara Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) Expo di atrium Senayan City, Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (26/1/2014).

Ia juga mengaku tercengang dengan fenomena tersebut. Berdasarkan data yang dimiliki BKKBN, penduduk yang menikah muda pada usia 15 sampai 24 tahun mengalami peningkatan di daerah perkotaan. Sementara di daerah pedesaan mengalami penurunan, meski jumlahnya memang masih tetap lebih banyak dari di perkotaan.

"Di perkotaan yang pendidikan dan ekonominya lebih baik malah naik. Dari 26/1000 perkawinan menjadi naik menjadi 32/1000. Sementara di desa dari 72/1000 menjadi 67/1000. Kan aneh," papar pria yang juga pernah menjadi Wakil Menteri Pendidikan tersebut.

Untuk mengatasi hal tersebut, BKKBN memang mempunyai program yang bernama Generasi Berencana atau yang lazim disingkat GenRe. Program tersebut menyasar pada siswa SMU dan Mahasiswa agar dapat memiliki pengetahuan tentang seks dan kehidupan berkeluarga sejak dini, sehingga nantinya tidak akan terjerumus pada perbuatan yang merugikan dirinya.

"Target kita pada 2014 adalah penurunan angka perkawinan muda yang sekarang masih 48/1000 perkawinan menjadi 30/1000," pungkasnya.

indonesian demography
Salah satu penyebab banjir adalah jumlah penduduk yang besar
Sumber: www.bkkb.go.id

0 komentar: